Buku Pelajaran Sekolah Tahun 80

21.48
Buku Pelajaran Sekolah tahun 80 - Mari kita mengenang kembali buku-buku sekolah di tahun 80-an. Untuk membedakan buku dipergunakan kelas berapa, kadang hanya beda warna sampulnya. Dan juga, jaman dulu tuh, buku pelajaran bisa dipakai selama 5 tahun, jadi bisa dipakai oleh adik-adik kita. Kadang malah bisa pinjem buku bekas punya tetangga yang sudah naik kelas.

Buku bacaan Bahasa Indonesia untuk kelas 1-3 kalau tidak salah, tokohnya adalah Budi, Wati (kakak Budi) dan Iwan (adik Budi). Kalau diperhatikan gambarnya, Wati anak pertama, tapi badannya malah lebih besar Budi, hehe...

Pelajaran pertama kelas 1 SD seperti ini:
ini budi
ini ibu budi
ini bapak budi
ini kakak budi
ini adik budi
Awalnya di eja seperti ini:
i-n-i   b-u-d-i
i-n-i   i-b-u  b-u-d-i
dst...

Betapa sabarnya bapak/ibu guru kelas 1 SD dulu ya? Pelajaran dimulai dari pertama, mengenal huruf, mengeja hingga bisa membaca dengan lancar. Dan biasanya yang jadi guru kelas 1 koq perempuan ya? Apakah karena perempuan lebih sabar dan telaten mengajari anak usia kelas 1?
Tapi bener koq, guruku kelas 1 SD dulu perempuan, sabar, cantik lagi. Thank untuk ibu guru Handrini, dan ternyata ibu guruku ini masih kerabatku :)

Isi bacaan buku bahasa Indonesia juga tentang kehidupan sehari-hari, misalnya berkebun, berlibur, memetik buah jambu, menangkap anai-anai (laron bahasa Jawa), dan lain-lain. Banyak yang sudah lupa sih.

Untuk buku bahasa Indonesia kelas 4-6 kalau tidak salah, tokohnya berganti Arman, Ima dan Andi. Masih sama, tiga bersaudara juga.

Yuk, kita buka memory, mengenang kembali buku-buku lama waktu sekolah SD dulu. Dengan melihat sampul buku-buku sekolah jadul, pada tahun 80-an ini semoga kita ingat lagi masa kecil dulu.
Eh sudah 35 tahun lebih ya? tak terasa... :)








(Tahun 80)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »